Selasa, 14 Desember 2010

Demokrasi (UTS KPI/1 A,B & C)

Secara harafiah: demos berarti rakyat dan kratos/cratein berarti kekuasaan, sehingga secara sederhana dapat dikatakan sebagai kekuasaan rakyat.
Pericles, negarawan Athena yg hidup pd tahun 430-an SM. Demokrasi mengandung beberapa kriteria penting: 1) pemerintahan oleh rakyat yang dibangun dari dukungan atau partisipasi rakyat yang mayoritas secara langsung. 2) kesamaan warga negara di depan hukum: penghargaan terhadap wilayah privat (pemenuhan HAM-dalam konteks kekinian) utk memenuhi dan mengekspresikan kepribadian individual serta pluralisme.
Runtuhnya otoritarianisme dan tegaknya demokrasi di portugal, Spanyol, Yunani dan kemudian pada awal dan pertengahan 1980-an di Peru, Bolivia, Argentina, Brazil, Filipina dan beberapa negara lain.
Runtuhnya Uni-Soviet dan beberapa negara komunis di Eropa Timur pd akhir tahun 1980-an
Tidak semata parpol yang dianggap mewakili masyarakat tetapi juga hadir aktor lainnya seperti non-governmental organizations (NGO’s), asosiasi-asosiasi sosial-kemasyarakatan, lembaga-lembaga lokal dsb. Lembaga2 tersebut dalam konteks kebaruan merupakan penguatan civil society yang dianggap memberi pengaruh terhadap berdirinya demokratisasi.
1. Bagaimana hubungan demokrasi dengan tujuan negara?
2. Sejauh mana ruang lingkup demokrasi?
3. Bagimana demokrasi menurut Islam (sebutkan ayat-ayat yang relevan)?
4. Bagaimana kasus DI Yogyakarta dalam konteks demokrasi?
(cukup satu halaman)
Silahkan sampaikan jawaban Anda ke: jahdanrois@yahoo.co.id !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar